Bisnis Bibit Hutan Yang Menggiurkan Hasil Melimpah



Banyak sekali bidang bisnis atau usaha mandiri yang dapat Anda lakukan, mulai dari kuliner, fashion, kosmetik, jasa, dan lain sebagainya. Semua bisa disesuaikan dengan bakat, minat, kesenangan dan juga hobi masing-masing orang. Misalnya saja Anda hobi memasak makanan tradisional maka cobalah untuk membuka suatu usaha catering rumahan sehingga tak perlu membutuhkan toko, restoran atau menyewa bangunan dengan harga mahal per tahunnya. Nah, ada lagi jenis lain yang juga punya prospek bagus bahkan bisa mengurangi resiko kerugian yaitu bisnis bibit hutan. Anda tak hanya bisa berjualan tetapi melakukan pembibitan sendiri untuk memperbanyak produknya sehingga bisa dipasarkan lebih luas lagi.


Coba Bisnis Bibit Tanaman


Bisnis bibit hutan memang sepertinya jarang diminati karena sebagina besar orang menganggapnya terlalu banyak makan waktu serta tenaga. Selain itu keuntungannya juga kurang pasti dimana para pelaku usaha tersebut akan lama sekali balik modal. Pada kenyataannya hal tersebut kurang benar karena sudah banyak orang membuktikan jika bisnis bibit tanaman hutan jauh lebih menggiurkan bahkan menyenangkan karena Anda bisa berhadapan dengan tumbuhan hijau yang mampu membuat perasaan jadi lebih daman dan tenang. 


Ada beberapa kelebihan berjualan bibit tanaman hutan, diantaranya:

  1. Mampu menekan resiko kerugian karena bibit tanaman tidak mudah mati dan membusuk. Berbeda dengan makanan yang harus terjual hari itu juga supaya besok tidak menjadi basi dan akhirnya merugi.
  2. Perawatannya mudah karena tak perlu dilakukan tiap hari. Cukup berikan pupuk seminggu sekali atau disiran saja menggunakan selang semprot. Bahkan jika musim hujan tiba, Anda bisa mengurangi proses perawatan tersebut dan hanya melakukan pengecekan bibit tanamannya saja.
  3. Prospeknya bagus karena orang akan membeli dalam jumlah besar sehingga keuntungan Anda juga makin meningkat.
  4. Tak perlu susah payah mencari produsen karena Anda bisa menjadi produsen atas produk sendiri tanpa mencari ataupun membeli bahannya. Anda dapat memperbanyak bibit tersebut melalui pembibitan dari tanaman-tanaman sebelumnya.


Bagaimana Cara Memulainya?


Memulai bisnis bibit hutan tidaklah sulit, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya:
  1. Siapkan dulu lahan yang cukup luas untuk menampung ratusan bahkan ribuan calon bibit tanaman tersebut.
  2. Beli perlengkapan berkebun, mulai dari selang, alat seprot, pacul, plastik polybag, pupuk dan lain sebagainya.
  3. Jika merasa kesulitan mengurus sendiri maka Anda perlu karyawan tambahan, setidaknya satu atau dua orang saja sudah cukup.
  4. Mulai pikirkan proses kontinuitas pembibitan supaya Anda tak perlu membelinya lagi. Cukup dengan memproduksi sendiri kemudian bisa dijual lagi.
  5. Lakukan pemasaran atau promosi dengan memanfaatkan berbagai fasilitas seperti website dan sosial media dan market place seperti bukalap dan tokopedia.



Mudah sekali bukan memulai sebuah bisnis bibit hutan? Tak hanya menguntungkan diri sendiri saja melainkan Anda juga sangat berjasa dalam mendukung aksi konservasi bumi dengan membantu dan menyediakan aneka macam bibit tanaman hutan.