Apa Yang Dimaksud Seo Onpage Dan Contoh Kasusnya


Apa Yang Dimaksud Seo Onpage Dan Contoh Kasusnya


SEO adalah teknik untuk membuat website ataupun blog Anda menjadi lebih ramai pengunjung karena situsnya berada di daftar teratas mesin pencarian. Dengan begitu akan banyak orang melihat kemudian mengunjunginya. Hal ini tentunya akan meningkatkan rating dan juga pembaca sehingga situs tersebut lebih populer. Ada dua jenis SEO yaitu secara offpage dan juga onpage. Yang akan dibahas pada artikel ini yaitu mengenai SEO onpage. Pengertiannya sendiri merupakan teknik optimisasi yang dilakukan dari dalam situs web Anda.

Cara Melakukan SEO Onpage


Cara melakukan SEO onpage yaitu dengan mengoptimalkan berbagai macam fitur yang ada di dalam website sendiri. Caranya ada banyak sekali, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:


1. Pasang Keyword Pada Judul

Judul merupakan tempat yang bagus untuk memasang keyword atau kata kunci. Nantinya orang akan mengetikkan kata kunci pada mesin pencarian dan langsung mendeteksi website Anda. Berikan keyword menarik dan populer pada bagian judul artikel supaya bisa ditemukan orang lain dan mesin pencarian Google, Yahoo ataupun Bing dengan mudah.

2. Memasang Meta Tags

Selanjutnya yaitu dengan memasang sebuah meta tags pada website atau artikel yang nantinya akan diposting. Ada banyak jenis meta tag yang seringkali digunakan para pengelola blog dan web, diantaranya yaitu meta description. Meta description sendiri berfungsi untuk memperkuat SEO blog di search engine. Selain itu juga mampu memuat informasi yang mendeskripsikan halaman blog Anda. Selain itu masih ada lagi beberapa jenis meta tags,  seperti meta author, meta keyword, dan lain sebagainya. 

3. Memilih Desain Template

Jangan anggap remeh dalam pemilihan desain template web ataupun blog karena mempengaruhi tingkat atau rating laman situs Anda.  Pilihlah dann gunakan yang sifatnya SEO friendly, jangan terlalu ramai karena akan membuat akses situsnya menjadi berat dan lemot. Gunakan gambar dan perpaduan warna yang menarik supaya mampu membuat pembaca terkesan.

4. Mempercepat Waktu Loading

Tentunya Anda juga merasa kesal jika membuka situs yang lemot waktu loadingnya bukan? Sama seperti para pembaca lain apabila menemukan suatu lama tersebut sehingga membuang waktu dan membuat tidak sabar.  Apabila waktu loading blog anda cepat maka pengunjung merasa puas dan senang berkunjung. Ada beberapa cara untuk meningkatkan kecepatan browsing dalam situs, diantaranya mengurangi penggunaan widget tak penting, jangan terlalu banyak pakai gambar animasi, gunakan template sederhana atau natural saja asalkan bisa dibaca dengan baik oleh pengunjung.


Itulah pengertian dan penjelasan singkat mengenai SEO onpage yang sangat penting dilakukan oleh para pengelola blog dan website. Jika ingin rating situs bagus dengan pengunjung banyak maka Anda harus melakukan optimalisasi sendiri dengan memperhatikan beberapa hal yang sudah disebutkan diatas.